Sunday, April 14, 2013

Bedroom Renovation

Belakangan ini, salah satu keliatan yang paling menyita perhatian kita adalah segala sesuatu yg berhubungan dengan renovasi kamar kita. Beberapa hal yg jadi fokus kita adalah:
  • Simple - rumah ini akan jadi rumah temporary jadi kita ga muluk untuk splurge disini, tp ga sesimple kaya cat putih blek sih hehehe
  • Cozy - harus nyaman dan setidaknya mencerminkan design jaman sekarang dong ya hehehe
Cukup sederhana kan permintaannya? nah sekarang kita ke detilnya. Based on penilitian oleh professor lang ling lung, hal yg paling memperngaruhi overall design dari suatu ruangan adalah lantai, cat, dan layout. Jadi kita pastikan renovasi untuk ketiga hal itu menjadi faktor paling penting (secara kita ga punya banyak budget untuk dekorasi aksesoris lagi juga hehehe)

Ganti keramik:
Keramik di bedroom kita itu uda warisan sejak tahun 1990an (hehe.. jadul yak) jadinya masih pake keramik putih 30x30 cm, itupun karena sudah lama ga ditinggalin, banyak yg melendung dan pecah2. Kita pikir daripada ubah sebagian dan belang2, sebaiknya kita ganti aja full kamar kita dan kamar nyokap beserta aisle. Kita ofkos cari yg murah saja hehehe, kita akhirnya beli di angke granit tile 60x60 cm merek cina (ofkos cina selalu yg termurah). Aku lupa mereknya, kayanya kalau ga MGM, MCM, MMC atau apalah hehehe. Harganya 118rb per meter. Ada sih yg harganya 85rb tp agak terlalu abu2. FYI, makin putih bersih tile, makin mahal harganya.

Before : Afternya menyusul yak, belom sempet foto. Ini adalah keramik kita yg lama.



Ganti Layout:
Bedroom aku tadinya berbentuk agak aneh, ukurannya standard 5x 5m, tapi ga exactly kotak karena ada beranda yg ga dipake. Dari dulu, beranda itu dibuat demi tampak depan, secara fungsional ga berguna dan malah jadi sumber debu. Plus dengan beranda yg lebih tinggi, ada tangga kecil yg bener2 ga berguna dan menyempitkan bedroom. Akhirnya semua beranda itu dihilangkan, jadi tersisa kotak besar 5x5m plus semua kaca jendela diganti kesmen (gimana sih penulisan kesmen? -_-). Kamar langsung berasa lega dan terang. Ini investasi paling berguna, thanks to my Dad who cover all the renovation cost for this. Muachhh

Before:

Ganti warna:
Karena lately aku lagi tergila-gila sama warna abu-abu, tentunya si kamar juga diganti warnanya. Warna sebelumnya adalah peach/pink coral color gitu. Kemarin kita ke toko cat untuk beli warna yg sudah kita putuskan, yaitu si Dulux Pentalite Greystone. Begitu catnya diaduk, raut muka kita berubah (si pacar kecewa, muka aku denial haha), ternyata si greystone ini kan shade nya ke purplish, jadinya begitu dicat plus karena kamar aku sangat terang oleh cahaya matahari, warnanya jadi pink! huaaaa... jadinya kita buru2 balik ke toko cat dan ganti jadi Fine Silver (shade blue grey).

Before : catnya dan lis nya beda warna hehe..


Btw, kalau mau tau, harga dulux per 2.5 liter adalah 145rb untuk greystone dan 147rb untuk fine silver.

Ternyata warna grey itu ada 2 macam color tone, warm dan cool. Dan dari 2 tone berbeda itu, warna grey bisa dipecah menjadi 3 jenis shading: green, blue dan purple.  

Green Grey  source
Purple Grey source

Blue Grey source

Kalau udah selesai renovasi, aku kasih photo "after"nya ya. Sekarang masih tahap pengecatan, dan kita masih bingung mau pake cat aja, cat + wallpaper atau cat + accent wall.

Nextnya adalah penyesuaian warna furniture ke cat yg sudah dipilih. Be right back ya setelah fotonya ready.

Cheers,

No comments:

Post a Comment