Thursday, April 26, 2012

Eropa part 1

Lagi bingung nih mau nulis apaan di blog, soalnya lagi ga ada happening akhir-akhir ini. Setelah sibuk cari-cari blog tentang trip ke eropa, jadi ke inspirasi deh untuk nulis di blog tentang eropa trip aku. Soalnya aku selalu kepengen baca blog tentang trip seseorang, ada yg perlu di prepare, beli tiket dimana, inep dimana, berapa budgetnya. Supaya one day mau pergi, kita ada gambaran aja. Mana tau ada yg bisa belajar dari pengalaman yang ada.

Mari Kita Mulai yuk! agak panjang gapapa ya?

Kapan? 
Karena aku perginya sama temen aku yang lagi kuliah di Edinburgh, aku bener2 ikutin jadwal liburan dia aja. Dan setelah di confirm 18 may - 31 may, ya langsung decide negara aja. Simple hehe..

Tour atau Backpack?
Out of the question sih buat aku, pastinya langsung backpack. Aku ga suka abisin waktu di bus, dan ke tourism spot cuman untuk foto-foto, abis itu langsung naik bus. Apalagi disuruh bangun pagi, ogah! dan lagi, menurut filosofi aku sama temen aku, cara untuk enjoy a country adalah menjadi penduduk tempat itu sendiri, alias males2an ngopi2 di coffee shop hehe *bekperker gadungan*

Kemana?
Pas decide kemana, kita sempat explore sampe yg ga lazim hehe. Prinsip awalnya sih, secara kita cuman berdua masih single & bekpek, maunya ke tempat aneh2 yg sulit digapai pake travel (alias mahal bener klo pake travel), seperti: skandinavia, iceland, croatia, gitu2. Cuman yah, apa daya, karna kita belom pernah ke negara2 "pasaran" seperti Perancis, Swiss dan Italy. Kita putuskan untuk pergi ke negara2 "standar" dulu, nanti kalau ada rejeki dan waktu, baru deh ke tempat yg kurang lazim seperti Ireland, Scotland, Lapland *mimpi* hehehe

Tadinya mau ke UK, cuman setelah coba2 isi2 aplikasi visa, jadi ciut, kayanya berat minta visa UK dan lagi biaya membludak kalo apply visa UK dan schengen. *bekpek kere nih*

jadi final destination nya adalah : Perancis (Paris, Avignon) - Swiss (Geneva, Luzern) - Italy (Venice, Cortona dan Rome) dalam 13 hari :) plus 2 hari di pesawat.

Naik apa?
Setelah ceki2, memang yg termurah adalah: Qatar Airways, Etihad, Emirates dan Malaysia Airlines. Cuman pas lagi iseng di GI, lagi ada promo Qatar Airways. Pas ditanya, open jaw JKT -Paris - Rome -Jakarta, cuman USD 850. Emirates bisa 300 USD diatas, apalagi Malaysia Airlines. Akhirnya diputuskan beli deh. Take a risk padahal visa belum diurus. hehe

Btw, beli tiketnya online juga sih akhirnya. Dan selalu usahakan open jaw, biar ga habisin waktu utk travel ke kota awal yah.

Visa?
Lazimnya, visa diapply ke kedutaan dimana kita akan spend waktu paling lama. misalnya, kita masuk lewat Perancis, tapi durasi travelnya paling lama di Itali, maka visa harus di apply dari kedutaan Itali. Btw, katanya kedutaan Itali dan Belanda terkenal lebih mudah untuk memberikan visa loh. Di case aku, aku akan spend 4 hari masing2 di perancis dan itali, cuman aku akhirnya memilih utk apply dari kedutaan perancis yg terkenal kedua tersulit setelah kedutaan jerman, karna aku masuk eropa dari Paris. Pede aja hehe..

Aku ga akan jelasin prosedurnya yah, karena simple kok. Untuk keperluan pengurusan visa, kedutaan Perancis di Indonesia ceritanya diwakilkan oleh agent TLS contact di UOB Plaza. Ada websitenya, tinggal diikutin aja kok. Aku bayar kira2 IDR 1juta untuk biaya visa dan aplikasi. Excluding biaya travel insurance IDR 350 ribu dari ACA, dan biaya tetek bengek utk buat surat bank untuk konfirmasi rekening koran.

Repotnya cuman kita harus book hotel setiap malam selama kita travel, dalam keadaan sibuk dan mefet (mefet karena males2an urusinnya hehe). Untuk pilihan akomodasi, bakal dijelaskan setelah aku pulang yah. biar jelas apakah pilihan aku sekarang itu bagus atau engga :) tapi yang jelas, aku ga selalu hotel, kadang hostel, kadang dorm *kere*

prosesnya cuman 15 menit di TLS untuk submit dokumen, ga ada interview, orang2nya ramah plus ada customer survey makanya orang2nya ramah2 kali ya? Ga seperti kedutaan lainnya, seperti Jepang dan Swedia. Dulu aku sudah pernah ke Eropa, tapi lewat Swedia untuk keperluan biz trip, rasanya orang yg interview aku sombong sekali, even orang Indonesia.

Anyway, documents aku serahkan ke TLS tgl 28 Maret trus tanggal 3 April aku udah ditelpon kedutaan Perancis sama orang Perancis. Pertanyaannya simple apakah aku bener kesana sendiri dari Indonesia karena menurut dia ga normal cewe Indonesia single jalan2 ke eropa sendiri (kata siapaaaa).. Setelah dijelasin kalau aku kesana sendiri tapi akan pergi bareng dengan temen aku, dia baru bilang, okeh akan diissued visanya. Plus embel2 nanya nationality temen aku. Anyway, overall nice experience, plus sincerely dia bilang "have a great trip" :D 2 hari kemudian, paspor bisa di pick up deh. Jadi sekitar 8 calendar days deh untuk pengurusannya. Simple.

Next?
Nah, belom tau deh mau share apa dulu, karena sampe sekarang, 21 hari sebelum hari H, aku belom bikin itinerary untuk spot2 mana yg akan dikunjungi di tiap kota. Cakep! males dan sibuk hehe.

Nyambung nanti ya di part 2... Daaa

3 comments:

  1. lebih enak tour kalau ke eropa, lebih puas terarah jalan jalannya, saya sudah coba pakai agen wisata fiesta indonesia itu menyenangkan sekali kesana menggunakan tour

    www.facebook.com/fiestaindonesia/

    ReplyDelete
  2. Pengakuan tulus dari saya IBU MADINA TKI kerja disingapura
    saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI SAKTI,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun disingapura,,dengan gaji lebih kurang 3jt 500/bln,,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa barat,,sudah lama saya mengetahui room om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar KI SAKTI,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu..tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba minta angka ghoib KI SAKTI.
    dan kemarin saya di beri 4d singapura yaitu 9509 ,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang,,angka yang di beri KI SAKTI ternyata tembus 100%,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar disingapura,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 9509..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 175 lembar,,sisa gaji bulan MEI ternyata meledak….!!!
    dapat 500jt..sekali lagi terima kasih banyak AKI,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,rencana bulan INI mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik KI SAKTI
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi
    KI SAKTI di nomor: {_082_338_188_733_}
    demikian kisah nyata dari saya (( SUMPAH DEMI ALLAH.!!..INI BUKAN REKAYASAHH ))

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL KI SAKTI
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: dubai
    angka"GHOIB thailand







































































































































































    Pengakuan tulus dari saya IBU MADINA TKI kerja disingapura
    saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI SAKTI,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun disingapura,,dengan gaji lebih kurang 3jt 500/bln,,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa barat,,sudah lama saya mengetahui room om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar KI SAKTI,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu..tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba minta angka ghoib KI SAKTI.
    dan kemarin saya di beri 4d singapura yaitu 9509 ,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pinsang,,angka yang di beri KI SAKTI ternyata tembus 100%,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar disingapura,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 9509..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 175 lembar,,sisa gaji bulan MEI ternyata meledak….!!!
    dapat 500jt..sekali lagi terima kasih banyak AKI,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,rencana bulan INI mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik KI SAKTI
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi
    KI SAKTI di nomor: {_082_338_188_733_}
    demikian kisah nyata dari saya (( SUMPAH DEMI ALLAH.!!..INI BUKAN REKAYASAHH ))

    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL KI SAKTI
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: dubai
    angka"GHOIB thailand

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete